Bagikan Berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARIWARA; Kubu Raya – Tim PKM Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan judul ‘penerapan teknologi tepat guna steamer serta mesin pengayak dalam budidaya jamur tiram pada usaha kecil di Desa Rasau Jaya Satu, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Senin, 18 Oktober 2021. Ketua Tim PKM Rusdaniyar, ST., M.Eng.; dengan anggota Ir. Hj Nurhaidah, MT; Iyus, ST., MT.; Drs. H. Masril, M.Pd.; Jaini, ST.; Ahmad Husni; Betzy Aprianus; dan Tri Gunadi Widianto.

Tim bekerjasama dengan mitra usaha jamur tiram, HD Farm pimpinan Haldy Novi Prasetiyo. Usaha jamur tiram HD Farm sudah berlangsung tujuh tahun dengan menggunakan peralatan pendukung sangat sederhana. HD Farm memiliki empat karyawan. Kapasitas produksi jamur tiram HD Farm sekitar 15 kilogram perhari. “Permintaan pasar di Kota Pontianak cukup besar, mencapai 200 kilogram perhari. Ini membuka peluang untuk mengembangkan produktivitas usaha guna meningkatkan kesejahteraan,” ujar Rusdaniyar.

Ia dan tim mengindentifikasi beberapa masalah yang dihadapi HD Farm dalam meningkatkan produktivitas. (1) Kompetensi sumberdaya manusia yang dimiliki terbilang rendah. (2) Peralatan pendukung produksi jamur tiram masih sederhana dan manual. (3) Kemampuan manajemen produksi berkaitan tata kelola produksi dalam meningkatkan kualitas dan kuantigas produk masih rendah.

“Sebagai upaya mengatasi masalah tersebut, kami memberikan pelatihan dan keterampilan pengunaan alat teknologi tepat guna. Kami juga menyerahkan bantuan dua unit mesin, yaitu mesin steamer untuk merebus baglog jamur dan mesin pengayak untuk menyaring bahan baku pembuatan baglog. Kami berharap bantuan mesin ini dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi jamur tiram mitra,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan PKM tersebut merupakan hasil dari justifikasi tim bersama mitra dalam menentukan persoalan prioritas yang disepakati untuk diselesaikan. “Hasilnya berupa pelatihan dan bantuan mesin steamer dan mesin pengayak, sehingga diharapkan ini dapat meningkatkan kualitas dan kepasitas produksi jamur tiram mitra,” ujarnya.

Kegiatan PPM dihadiri Camat Rasau Jaya, diwakili Sekretaris Camat Tumijan SE MSi. “Kami sangat sambut baik kegiatan ini. Kami berterimakash atas bantuan yang telah diberikan. Harapan kami, ini dapat dilanjutkan setiap tahun dengan sasaran kelompok usaha kecil yang lain. Hingga akhirnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya di Rasau Jaya ini,” tutupnya. (ser)

Bagikan Berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Berita Populer

Berita Terbaru