Bagikan Berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARIWARA; Pontianak – Tim Prodi D3 Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Pontianak melakukan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) pada Mei-Oktober 2021. Kegiatan tersebut mengusung tajuk penerapan dan pelatihan penggunaan SEMESTA (Sistem Informasi Penyelesaian Tugas Akhir) untuk pelaksanaan tugas akhir di Fakultas Pertanian, Universitas Panca Bhakti. Pelatihan digelar di ruang audio visual Fakultas Pertanian UPB, Senin, 18 Oktober 2021.

Ketua Tim PPM Lindung Siswanto S.Kom, M.Eng. Anggota tim dosen: Ferry Faisal S.ST, MT., Freska Rolansa ST. MT., Budianingsih ST. MT., Tommi Suryanto S.Kom, M.Kom, Sarah Bibi S.ST., M.Pd., Fitri Wibowo S.ST, MT., Medi Yuwono Tharam ST., MT., dan Ir. Bangbang Hermanto MT. Anggota tim mahasiswa Khairani, Miftahul Janna, dan Rezky Yustisio Hadi Pratama.

“Melalui PPM ini kami berupaya memberikan sesuatu pada masyarakat, terutama mahasiswa pertanian UPB. Awalnya kami dari tim mendapatkan info bahwa pengelolaan tugas akhir mahasiswa belum mengunakan aplikasi,” ujar Lindung.

Proses tugas akhir / skripsi selama ini masih dilakukan secara manual, di mana seluruh proses pelaksanaan butuh waktu lebih lama dan kurang efisien. Terlebih kondisi pandemi Covid-19 memaksa kegiatan tatap muka dikurangi dan dialihkan menjadi daring. SEMESTA (Sistem Informasi Penyelesaian Tugas Akhir) telah diterapkan Jurusan Teknik Elektro Polnep. SEMESTA mampu melayani pengusulan judul, proposal, pengajuan dosen pembimbing, pemilihan mahasiswa yang akan dibimbing, dan media konsultasi antara mahasiswa dan dosen pembimbing guna kelancaran proses tugas akhir secara online dan realtime.

“Tujuan utama PPM ini untuk menerapkan Semesta dalam membantu penyelesaian tugas akhir secara online dan realtime di Fakultas Pertanian UPB. Harapan kami kegiatan ini membantu mitra menghasilkan informasi secara cepat, akurat, dan tepat waktu, sehingga proses pelaksanaan tugas akhir berjalan baik dan lancar. Serta, mampu membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” jelasnya.

Dr. Hj. Ekawati SP., M.Si, Wakil Dekan I Fakultas Pertanian UPB menyampaikan apresiasinya kepada Tim PPM Jurusan Teknik Elektro Polnep. “Kami berterimakasih bapak ibu berkenan menggelar pengabdian pada masyarakat di kampus kami. Semoga apa yang disampaikan dapat bermanfaat dan mempermudah mahasiswa kami,” ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya pun mulai menerapkan sistem informasi dengan tujuan sama, membantu mahasiswa dalam penyelesaian tugas akhir. Ia berharap, Fakultas Pertanian UPB dan Polnep dapat saling sharing program, demi dapat membantu mahasiswa lebih baik ke depannya. (ser)

Bagikan Berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Berita Populer

Berita Terbaru