Bagikan Berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARIWARA; Kubu Raya – Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak (Polnep) melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat (PPM) di Pasar Rakyat Desa Jeruju Besar, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya, Senin, 18 Oktober 2021. Tim PPM berusaha membantu penanganan limbah pasar rakyat Desa Jeruju Besar melalui alat pemilah sampah plastik.

“Fokus kegiatan PPM kali ini adalah untuk menangani permasalahan sampah di pasar rakyat Desa Jeruju Besar yang belum tertangani dengan baik,” ujar Ari Dwi Prasetiyo, ketua Tim PPM Teknik Mesin Polnep.

Ia menambahkan, kondisi saat ini, sampah di wilayah tersebut masih belum terpilah dengan baik, bercampur antara sambah organik dan plastik. Hal tersebut cukup menyulitkan dalam pemrosesan sampah lebih lanjut.

“Sampah organik umumnya bisa dimanfaatkan menjadi pupuk kompos, sedangkan sampah plastik bisa didaur ulang atau dijual kembali. Sehingga, ini dapat memberikan nilai tambah ekonomis bagi masyarakat,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Ari Dwi Prasetiyo dibantu anggota tim dosen, diantaranya Edi Karyadi, Masy’ari, Rusadi, Hadimi, Joni Rahmadi, Sutriyatna, dan Haliman. Mahasiswa D1 OAB dan D4 Teknik Mesin, Rizqi Ajiwinanto Dasuki dan Nuryadin turut menjadi anggota. Tim PPM Jurusan Teknik Mesin Polnep mencoba memberikan solusi dengan membuat alat pemilah sampah plastik.

Ari menyampaikan, kegiatan PPM merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dari kewajiban dosen dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Mesin pemilah sampah ini merupakan hasil karya akhir dosen dan mahasiswa yang memiliki sifat mampu terap, sehingga diharapkan dapat mengatasi permasalahan di Desa Jeruju Besar,” ujarnya.

Kepala Desa Jeruju Besar Nurhalijah SE bersama para tokoh masyarakat menyambut baik dan berterimakasih atas bantuan alat dari Tim PPM Jurusan Teknik Mesin Polnep. “Besar harapan kami agar bantuan alat ini menjadi solusi mengatasi permasalahan sampah di Desa Jeruju Besar,” tutupnya. (ser)

Bagikan Berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Berita Populer

Berita Terbaru