Bagikan Berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

ARIWARA; Kubu Raya – Tim Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Pontianak melaksanakan pengabdian pada masyarakat dengan mengusung judul ‘penerapan iptek mesin pencacah rumput untuk pakan ternak pada kelompok ternak Maju Berkembang di Desa Rasau Jaya Satu, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Senin, 18 Oktober 2021. Tim PPM terdiri dari ketua Iyus, dengan anggota Aripin Manurung, Agus Rohermanto, H Supandi, Jaini, Achmad Wahyudi, dan Adit Setiadi.

“Tim PPM kami bekerjasama dengan mitra kelompok ternak kambing di Desa Rasau Jaya Satu. Usaha ternak tersebut telah berlangsung dua tahun, dengan jumlah populasi ternak mencapai 200 ekor kambing,” ujar Iyus.

Ia menambahkan, permasalahan yang dihadapi mitra dalam memenuhi pakan, masih menggunakan peralatan pendukung sangat sederhana dan dilakukan secara manual, sehingga nutrisi untuk kesehatan, pertumbuhan, dan reproduksi ternak kambing tidak optimal. Oleh karena itu, untuk memenuhi kebutuhan pakan yang baik diperlukan alat teknologi tepat guna dalam pengolahannya.

“Untuk mengatasi permasalahan itu, kami memberikan pelatihan pengetahuan dan keterampilan penggunaan alat teknologi tepat guna. Kami juga menyerahkan bantuan satu unit mesin, yaitu mesin pencacah rumput. Harapan kami, bantuan mesin dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas produksi pakan ternak yang dihasilkan,” katanya.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Jurusan Teknik Mesin Rusdaniyar ST MEng, Ketua UPPM Polnep yang diwakili Ka Sub PPM Sutriyatna ST MT, Koordinator Penyuluh BPP Rasau Jaya Siti Masitoh SP, serta Camat Rasau Jaya yang diwakili Sekretaris Camat Tumijan SE MSi.

Ka Sub PPM Sutriyatna mengatakan bahwa kegiatan PPM bukti nyata penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi pada masyarakat. Diharapkan PPM tim jurusan Teknik Mesin dengan memberikan pelatihan dan bantuan mesin pencacah rumput dapat memberikan solusi persoalan kualitas dan kapasitas pakan ternak.

Mewakili Camat, dalam sambutannya Sekcam Rasau Jaya Tumijan sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan dan diharapkan dapat dimanfaatkan optimal, serta dijaga dan dirawat dengan baik agar mesin yang diterima dapat terus digunakan. “Kami harap Tim PPM Jurusan Teknik Mesin Polnep dapat terus membantu masyarakat di Rasau Jaya, khususnya terkait dengan penerapan teknologi tepat guna,” ujarnya.

Rasa terima kasih turut disampaikan Ketua kelompok ternak Maju Berkembang Haldy. Bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk kelompoknya, sehingga dalam proses pemenuhan pakan ternak menjadi lebih efektif dan efisien. (ser)

Bagikan Berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Berita Populer

Berita Terbaru