Bagikan Berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

PONTIANAK – Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meresmikan kantor sekretariat Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kalimantan Barat di Jl Gajahmada, Gg Gajahmada 18 No.9, Pontianak, Sabtu, 1 Mei 2021.

“Kita sadari, kita tidak bisa hidup sendiri, harus bersinergi, berkolaborasi, berintegrasi untuk pola yang sama. Sama-sama bahagia, senang, sejahtera. Tuhan, Sang Pencipta, sudah takdirkan kita dari lahir sampai meninggal, pasti ada nilai-nilai kemanusiaan yang sama. Karena itu, saya mewakili beberapa tokoh Pontianak mengapresiasi, berterimakasih atas kegiatan sosial yang telah dilaksanakan selama ini,” ujar Edi dalam sambutannya.

Menurutnya, paguyuban berbeda dengan perkumpulan, lebih bersifat kekeluargaan, meskipun memiliki suatu tujuan yang sama. “Warga Tionghoa ingin guyub, menyatu untuk kegiatan sosial. Makanya dibentuk PSMTI, kira-kira seperti ini jika saya memaknai,” katanya.

Ia menambahkan, pemerintah memiliki keterbatasan dari sisi sumber daya manusia, anggaran, dan jangkauan. Karenanya, kolaborasi dengan paguyuban sosial, seperti PSMTI Kalbar, disambut baik. “Kolaborasi ini dalam upaya bersama meningkatkan indeks kebahagiaan dan kesejahteraan. Tugas pemerintah melayani, bukan sebagai yang dilayani,” ujarnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua PSMTI Kalbar Yo Nguan Cua menyampaikan apresiasinya atas kesediaan Wali Kota Pontianak meresmikan gedung kantor Sekretariat PSMTI Kalbar. “Terima kasih atas kehadiran dan kesediaan Bapak Wali Kota Pontianak meresmikan kantor sekretariat kami,” katanya.

PSMTI memiliki beberapa misi, diantaranya: Meningkatkan kesadaran bermasyarakat dan bernegara secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Masuk dalam keluarga besar bangsa Indonesia dengan turut serta secara aktif dalam pembangunan NKRI dalam segala aspek kehidupan. Memantapkan jati diri sebagai salah satu suku dalam keluarga besar Bangsa Indonesia. Serta, memberikan manfaat bagi bangsa Indonesia dan Negara, terutama dalam bidang sosial, budaya, pendidikan dan kemasyarakatan.

“Kami melaporkan kepada Bapak Wali kota bahwa legalitas keberadaan PSMTI Kalbar telah diterbitkan Surat Kebangpol tertanggal 11 Februari 2021,” ujarnya.

PSMTI Kalbar memiliki lima dewan, yaitu Ketua Dewan Pembina Santyoso Tio, Ketua Dewan Penasehat Rudi Halim, Ketua Dewan Pakar Christiandy Sanjaya, Ketua Dewan Pengawas Arie Chandra Tio, Dewan Kehormatan diwakili Wangdin Kalinis. PSMTI Kalbar juga memiliki 14 bidang kerja, yaitu kemintraan/marga; seni dan budaya; pariwisata; peranan perempuan; usaha dan ekonomi kreatif; pendidikan; pemuda; organisasi dan kaderisasi; IT; sosial; hubungan antara lembaga, humas, dan media; hukum dan advokasi; olahraga; serta hubungan luar negeri.

Yo Nguan Cua berharap, melalui kehadiran kantor sekretariat, PSMTI Kalbar kedepannya, dapat lebih banyak terlibat dalam berbagai kegiatan sosial. “Komitmen kegiatan sosial PSMTI Kalbar kami jalankan kepada yang benar-benar membutuhkan, tanpa membatasi suku, agama dan lain sebagainya,” tutup Yo Nguan Cua. (red)

Bagikan Berita

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp

Berita Populer

Berita Terbaru